M88

Di antara berbagai cara untuk menghasilkan uang dari internet, Google Adsense bisa terbilang salah satu cara yang paling efektif dan menguntungkan. Hal ini berlaku bukan hanya jika Anda punya blog, tapi juga video di YouTube atau yang sekarang lebih keren dikenal dengan istilah vlogging. Dengan Google Adsense, kamu bisa memperoleh banyak penghasilan tambahan sambil tetap melakukan hal yang kamu sukai.

Mengingat pada dasarnya setiap situs bekerja dengan mengandalkan kata kunci (keyword) tertentu, Google Adsense bekerja dengan menyisir situs kamu berdasarkan kata kunci yang kamu pilih. Jika kelak situsmu disetujui, maka iklan yang akan ditampilkan di situsmu pun juga tidak akan jauh dari kata kunci yang telah kamu pilih tersebut. Hal ini sebenarnya sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang rutin memperbarui konten situs meski tidak melakukan maintenance besar secara rutin.

Erwin Widianto a Cara Meningkatkan Pendapatan dari Adsense GOOGLE ADSENSE

Jadi, apakah kamu tertarik bekerja dengan Adsense? Jika ya, maka ada beberapa hal penting yang harus kamu pelajari tentang fitur Google yang satu ini. Ketahui rahasianya dan kamu akan dengan mudah mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang menggiurkan dari Google.

Berikut beberapa tips sederhana tentang Adsense yang perlu kamu ketahui dari sekarang.

Gunakan kata kunci yang tepat

Kata kunci yang tepat adalah ujung tombak dari setiap strategi AdSense. JIka kamu menggunakan kata kunci dengan tingkat kompetisi yang tinggi, kamu akan kesulitan bersaing dengan situs-situs lain yang lebih dahulu menggunakan kata kunci tersebut dan sudah punya basis pengguna lebih besar. Hal ini akan berbanding terbalik jika kamu memilih kata kunci dengan tingkat kompetisi yang rendah. Untuk membantumu memilih kata kunci yang tepat, kamu bisa menggunakan Google Adwords. Inilah rahasia di balik keberhasilan situs-situs besar mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar, seperti Kompas, Gramedia, Metro TV, M88 dll.

Gunakan kepadatan kata kunci yang tepat

Periksa kepadatan kata kunci yang kamu gunakan di setiap artikel sebelum menayangkannya di situs atau blogmu. Kepadatan kata kunci yang kamu gunakan menentukan seberapa relevan artikel tersebut dengan topik situsmu. Secara tidak langsung, hal ini juga akan berpengaruh pada jumlah pengunjung ke situsmu. Tapi kamu pun harus berhati-hati. Jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak kata kunci di artikel sehingga tampak aneh bagi yang membacanya.

Erwin Widianto a Cara Meningkatkan Pendapatan dari Adsense GOOGLE ADSENSE

Buat konten baru secara rutin

Iklan yang ditampilkan di situs atau blog yang kamu punya dibayar oleh para perusahaan pengiklan. Selain perlu tahu dimana iklan mereka akan ditempatkan, mereka juga perlu tahu bahwa tempat mereka menempatkan iklan tersebut akan senantiasa mendapatkan pengunjung.

Atas alasan ini, kamu perlu membuat konten baru di situsmu secara rutin. Hal ini untuk memastikan setiap hari ada pengunjung yang datang ke situsmu dan melihat baik konten yang kamu tayangkan serta iklan yang ada di situsmu. Semakin rutin kamu menayangkan artikel atau halaman baru di situsmu, semakin besar kemungkinan orang-orang akan datang berkunjung.  Secara tidak langsung, akan semakin banyak pula peluang orang untuk melihat iklan tersebut dan mengklik iklan tersebut. Dari sinilah perusahaan pengiklan mendapatkan pemasukan mereka, semakin banyak orang yang datang, semakin beruntung mereka dan semakin banyak penghasilan yang bisa kamu peroleh.

Pilih format terbaik

Google AdSense tersedia dalam berbagai format. Ketika kamu ditawarkan untuk memilih format yang akan kamu tampilkan di situsmu, setidaknya ada 2 opsi format yang bisa kamu pertimbangkan. Opsi pertama adalah iklan berbentuk persegi panjang. Iklan dengan format ini biasanya ditempatkan baik di bagian atas atau bawah situs, tapi secara umum di bagian atas.

Sementara opsi yang kedua adalah iklan yang berbentuk kotak. Format iklan seperti ini biasanya ditempatkan di sisi kiri atau kanan situs, tergantung tampilan situs kamu masing-masing.

Erwin Widianto a-1 Cara Meningkatkan Pendapatan dari Adsense GOOGLE ADSENSE

Secara pribadi, menurut kami format iklan yang terbaik adalah persegi dengan ukuran 336 x 280 piksel, 160×600 piksel, atau format medium dengan ukuran 300 x 250 piksel. Pastikan ukuran iklan ini sesuai dengan tempat yang kamu sediakan untuk iklan. Jadi sekalipun kamu menempatkan iklannya disana, iklan itu tidak akan terlihat aneh atau mencolok sendiri.

Sesuaikan tampilan iklan dengan tampilan situs

Tampilan visual tidak boleh terlewatkan. Meski Namanya iklan, kamu tetap harus mempertimbangkan tampilan visual dari iklan yang kamu tayangkan di situs. Kuncinya adalah membuat setiap iklan seolah-olah bagian tak terpisahkan dari situs yang kamu jalankan. Hal ini tentu masuk akal mengingat orang-orang akan lebih tertarik mengklik suatu iklan jika mereka merasa iklan itu tidak terlalu terlihat mencolok sebagai iklan. Semakin natural tampilannya, semakin tinggi kemungkinan iklan tersebut diklik pengunjung situs dan semakin tinggi penghasilan yang kamu dapatkan.

Terkait hal ini, pastikan kamu juga telah menyesuaikan warna batas iklan, warna latar, warna tulisan tautan, dan tulisan iklan agar sesuai dengan situs yang kamu miliki. Hal ini dapat kamu lakukan lewat panel kontrol Adsense. Silahkan sesuaikan sejauh yang kamu butuhkan untuk menciptakan pengalaman yang terbaik bagi para pengunjung situsmu.

Jangan salah menempatkan iklan

Selain warna, penempatan iklan juga sangat penting. Ketika seseorang datang berkunjung ke situsmu, secara insting mereka akan memindai situsmu tanpa melihat isinya secara keseluruhan. Hal ini akan berlangsung selama 10 detik pertama. Mereka akan menentukan apakah situsmu layak dan sesuai dengan yang mereka cari. Atas alasan ini, penempatan iklan yang terbaik adalah di bagian atas dan bawah situs. Iklan ditempatkan di bagian atas untuk memastikan bahwa terlepas dari keputusan para pengunjung setelah 10 detik itu, setidaknya mereka akan melihat iklan di bagian atas situs. Bahkan bukan tidak mungkin, jika dirancang dengan baik, malah iklan tersebut yang akan membuat orang penasaran dengan situsmu, bukan konten situs itu sendiri.

Hal ini tentunya jauh berbeda jika iklan ditempatkan di sisi kiri atau kanan situs. Pandangan manusia biasanya tidak akan beralih ke sisi kiri atau kanan, kecuali jika memang ada hal yang menarik di sana.

Jangan terlalu banyak iklan

Pengunjung situs Anda masih manusia yang butuh kenyamanan dalam mengunjungi situs. Kamu mungkin memang butuh pendapatan dari iklan dan berharap semakin banyak iklan, semakin tinggi penghasilan yang bisa kamu peroleh. Tapi jangan salah sangka, iklan yang terlalu banyak malah akan membuat orang kehilangan minat di situs kalian. Alih-alih terlihat menarik, situs kalian malah akan terlihat seperti spam. Jika ini yang terjadi, maka jangan harap aka nada orang yang mengunjungi situs kalian.

Cukup batasi hanya beberapa iklan yang ditampilkan di situs. Selain itu, pastikan posisi, warna, dan jumlahnya tidak mengganggu kenyamanan orang saat mereka mengunjungi situsmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.