Tahukah Anda bahwa diare merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita manusia di dunia? Tak hanya itu, diantara para penderitanya anak di bawah 10 tahun merupakan yang paling banyak terjangkit penyakit saluran pencernaan ini. Bahkan statistik kesehatan menyebutkan 2,6 juta bayi dan balita meninggal setiap tahunnya akibat diare. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Anak Lebih Lemah Dari Orang Dewasa

Anak Lebih Lemah Dari Orang Dewasa

Beberapa alasan kenapa bayi dan anak-anak lebih rentan terkena diare, dan harus diberikan obat diare anak alami atau dari resep dokter adalah karena kondisi tubuhnya yang masih lemah dibanding orang dewasa dari segi daya tahan tubuh. Begitu juga dengan memilah makanan yang belum maksimal, serta belum mandiri dalam hal menjaga kebersihan.

  • Daya tahan Tubuh Masih Lemah

Bayi dan anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang masih rendah, sehingga ketika terserang bakteri akan lebih mudah. Salah satunya adalah bakteri penyebab diare yang bisa menular dari makanan, air bahkan hanya bersentuhan dengan orang yang sedang mengalami penyakit tersebut.

  • Belum Bisa Memilih Makanan

Asupan makanan pada bayi sangat tergantung pada orangtua yang memberikannya, begitu juga anak-anak. Ketika mereka mendapatkan makanan dari orang lain dan bukan bahan makanan yang biasa mereka cerna, maka kemungkinan terkena diare sangat besar. Karena sistem pencernaannya akan terkejut dengan masuknya zat asing yang belum dikenal.

  • Belum Bisa Menjaga kebersihan

Anak-anak masih harus diingatkan untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri, apalagi yang sedang dalam masa aktif maupun sudah masuk sekolah. Hal ini membuat potensi diare sangat besar dialami anak. Contohnya, usai bermain anak langsung mengambil makanan tanpa cuci tangan dahulu, maka kuman akan masuk dan membuat pencernaan terganggu.

Sama seperti berbagai artikel luka bekas operasi gue sehat yang menginformasikan berbagai hal tentang luka, sebagai orangtua Anda memang masih menjadi pemberi informasi dan membantu anak agar bisa menjaga kebersihan dengan maksimal, agar kesehatannya tetap terjaga dan tidak rentan terkena diare.

Memang butuh perlakuan ekstra untuk menjaga bayi dan anak agar tak terkena diare, karena kondisi tubuhnya masih jauh dari kata sempurna dalam berbagai hal. Sedikit saja diserang kuman, bakteri atau virus maka akan sangat berdampak pada kesehatannya.